jenis website dan fungsinya di internet
bisnis

Jenis Website dan Fungsinya

Girls, apakah kamu termasuk perempuan yang bekerja dari rumah, dan membangun bisnis online? Ingin bisnis kamu semakin dikenal dan omsetnya meningkat? Jika begitu, jangan lupa untuk membuat bisnismu semakin ramah untuk dicari melalui mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing! ya!

Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat produk atau bisnismu lebih mudah ditemukan girls. Yup, lakukanlah pemasaran digital di media sosial, bekerja sama dengan influencer, dan juga membuat situs khusus untuk bisnis tersebut.

Eits, tapi sabar dulu. Sebelum memutuskan untuk membuat website bisnis, kamu harus tahu dulu nih tentang jenis website yang sering ditemui di internet. Supaya apa? Tentu saja supaya bisa mendapatkan feedback maksimal jika kamu sudah tahu jenisnya dan juga kegunaannya.

Inilah Beberapa Jenis Website di Internet

Jenis website yang bisa ditemui di internet sangatlah beragam. Kamu bisa memilih salah satunya yang paling menarik untuk dicoba dan bisa membantu untuk mempopulerkan bisnismu. Selain itu, perlu diketahui jika harga dari sebuah domain dan hosting relatif terjangkau, apalagi sekarang sudah banyak layanan cloud hosting.

Situs Blog dan Pribadi

Di era teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini, setiap orang bisa dengan mudah memiliki website berdomain profesional memakai ekstensi seperti .com, .net, .id, web.id, .my.id, dan lain sebagainya.

Iya, sekarang tak hanya tokoh terkenal saja yang memiliki situs blog atau website pribadi. Seperti halnya blog areawanita.com milik saya ini yang difungsikan untuk personal branding sekaligus informasi kepada banyak orang, terutama kaum perempuan yang tak sengaja terdampar di sini.

Nah, untuk kamu yang pemula dan ingin mencoba membuat website gratis terlebih dahulu, kamu bisa membuatnya menggunakan media WordPress dan Blogger. Selain itu, jika ingin terlihat profesional, pembelian ekstensi domain pun biayanya terjangkau, baik yang berhosting ataupun tanpa hosting.

blog merupakan jenis website pribadi yang bisa digunakan untuk personal branding

Toko Online atau E-Commerce

Senang berbelanja di Tokopedia, Shopee, JD, Blibli, Lazada, dan lain sebagainya? Selain melalui aplikasi mobile, kamu mungkin pernah mengaksesnya melalui desktop atau website-nya, bukan?

Nah, website yang dimiliki oleh beberapa e-commerce di atas merupakan jenis website toko online yang sedang naik daun. Pengunjungnya selalu ramai, dan trafiknya pun tentu akan tinggi. Nah, untuk kamu yang punya bisnis online sendiri, mau itu bisnis fashion, makanan, hijab, frozen food. Kamu bisa membuat versi yang lebih sederhana dengan budget yang tidak terlalu besar.

Sebab, selain e-commerce yang besar, banyak juga toko online yang membuat website sendiri. Biasanya toko online ini menggunakan tampilan khusus yang memudahkan para pengunjung untuk berbelanja barang di tokonya. Jika kamu bingung untuk membangunnya sendiri, cobalah bekerja sama dengan tim digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia.

Portal Berita

Saat ini orang cenderung membaca berita lebih sering melalui internet dibandingkan cara tradisional. Hal tersebut karena berita yang disajikan di internet jauh lebih mudah atau flexible untuk dibaca. Selain itu, portal berita online turut menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli koran dan membayar biaya berlangganan. Hanya saja diperlukan filter dari diri sendiri agar tak mudah termakan oleh berita hoax.

Salah satu website berita yang banyak dikunjungi adalah detik.com. Kamu bisa menemukan beragam jenis berita sesuai dengan kebutuhan atau topik yang up to date. Semua itu bisa diakses dengan mudah dari smartphone dan komputer.

Instansi Pemerintahan

Sama halnya ketika mencari tokoh publik terkenal, saat ini masyarakat bisa dengan mudah mencari informasi dari instansi pemerintahan hanya dengan mengakses situs resminya. Hal ini tentu sangat memudahkan masyarakat seperti kita untuk mendapatkan informasi detail dari instansi terkait.

Salah satu website milik pemerintah adalah kominfo.go.id. Di dalamnya kamu bisa menemukan beragam informasi terkait informasi layanan publik terkait pandemi, isu hoax yang banyak beredar, dan lain sebagainya, termasuk perkembangan jaringan selular di Indonesia.

mengenal jenis website dan cara optimasi SEO website bisnis

Sekolah dan Universitas

Umumnya setiap sekolah dan universitas ternama sudah menggunakan website resmi sendiri. Di dalamnya biasanya berisi mengenai informasi terbaru mengenai cara mendaftar ke sekolah atau universitas tersebut.

Salah satu contoh situs milik universitas atau politeknik adalah poltekpos.ac.id. Di dalamnya terdapat banyak sekali informasi mengenai cara pendaftaran dan daftar jurusan yang ada di kampus tersebut. Tentunya ini akan memudahkan para mahasiswa dan calon mahasiswa Politeknik Pos Indonesia.

Adanya website official milik sekolah ataupun universitas tentu sangat menguntungkan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Jadi meminimalisir pergi ke luar rumah tapi daftar sekolah atau universitas tetap bisa dilakukan.

Website Perusahaan

Banyak sekali perusahaan yang menggunakan website untuk membagikan informasi mengenai bisnis yang dijalankan. Hal ini tentu membuat setiap calon pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan ingormasi mengenai produk tersebut.

Nah, untuk menaikkan trafik pengunjung dan meraih top rank atau page one di mesin pencari, terutama Google. Kamu bisa mempelajari cara optimasi SEO website bisnis yang sesuai dengan kebutuhan situs kamu.

Saat ini banyak sekali website dengan berbagai macam jenis sesuai dengan fungsinya. Kamu bisa memilih salah satunya yang menurutmu paling cocok dengan aktivitasmu. Jenis-ienis yang sering ditemui adalah blog, toko online, dan website milik lembaga tertentu seperti yang sudah saya bahas di atas.

Nah, demikianlah artikel mengenai jenis website yang ada di Internet dan wajib kamu ketahui. Kamu bisa memilih salah satu yang menurutmu sesuai dengan tujuanmu. Selamat mencoba!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.