Ganti Cara Belajar bareng Zenius Education
lifestyle

Ganti Cara Belajar Bersama Zenius Education

Waktu kayaknya cepet banget berlalu ya buibu … sebulan lagi udah mulai tahun ajaran baru aja. Padahal saya ngerasa baru aja lulus SMK tahun lalu dan galau banget waktu gagal jalur PMDK Polman Bandung di psikotest. Terus nekad ikut seleksi ujian mandiri gagal juga karena soal Fisika dan Matematikanya bikin saya ingin nangis. Ngandelin contoh soal di Google dalam waktu sebulan tanpa bimbingan ternyata jadi tips belajar yang kurang cocok buat saya.

Lho iya, setiap orang nyatanya memang enggak bisa pake metode belajar yang sama. Ada yang berhasil otodidak, ada yang enggak kayak saya. Soalnya saya anaknya suka nyerah kalau enggak nemu-nemu cara mecahin soal hitungan. Akhirnya tebak-tebak buah manggis. Jadi, di sinilah perlunya setiap individu, terutama anak-anak yang lagi semangat-semangatnya belajar untuk mencoba ganti cara belajar pake metode yang efektif dan menyenangkan. Salah satunya saya rekomendasiin belajar di Zenius Education. Kenapa? Yuk simak cerita saya sampai akhir ya!

Apa Itu Zenius Education?

PT. Zona Edukasi Nusantara atau Zenius Education adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi atau saya lebih senengnya nyebut Zenius ini tempat bimbel online yang interaktif. Ya gimana ya, Zenius soalnya udah merencanakan transformasi pembelajaran berbasis teknologi sejak tahun 2007, dari usia baru 3 tahun berdiri lho. Terus tahun 2011 merealisasikannya lewat situs web zenius.net dan terus berkembang sampai sekarang kamu bisa download Aplikasi Zenius untuk Android dan Aplikasi Zenius untuk iOS lho. Udah pada cobain belum aplikasinya? Kuy coba download dulu kalau belum terus registrasi akun. Jadi nanti bisa langsung nyoba-nyoba sambil dengerin saya cerita.

Zenius Education menerapkan adaptive learning

Di Zenius, kamu bisa belajar banyak hal dari dasar. Iya plis dasar yang baik itu penting banget. Soalnya kalau udah ngerti dasar pelajaran, ke sananya kita akan lebih dimudahkan untuk menghadapi soal-soal tryout, UTBK, PAS, PTS, PAT, dan lainnya. Terus materinya juga bisa disesuaikan dengan tingkat pendidikan. SD, SMP, SMA, orang tua, dan Umum (ini bisa diatur saat daftar jadi pengguna Zenius atau nanti setelah masuk aplikasi di bagian profil bisa diganti-ganti). Umum kayak saya ini juga harus terus belajar walau tak lagi muda. Why? Soalnya sering dimintain ngajarin anaknya kakak sepupu.

Kenapa Harus Pilih Zenius?

Bukan hanya karena pilihan materinya lengkap, kayak Matematika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah Indonesia, dan Sejarah Peminatan. Zenius paham dan mendukung kebutuhan siswa usia sekolah untuk memiliki gaya belajarnya masing-masing. So, Zenius pakai sistem pembelajaran adaptif.

Terus Zenius juga punya ekosistem pembelajaran online dan offline yang siap mendukung para siswa untuk fokus ke hal-hal penting dan essensial. Kamu atau buibu yang mau ganti cara belajar adik atau anaknya, cus lanjutin baca cerita saya ya!

1. Punya Sistem Adaptive Learning Pakai ZenCore

Pembelajaran adaptif atau adaptive learning adalah sistem yang mengedepankan efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar. Soalnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Zenius Education menerapkan metode pembelajaran aktif melalui fitur ZenCore. ZenCore adalah skill dan knowledge yang perlu dikuasai oleh semua orang tanpa batasan apa pun. ZenCore bisa kamu akses di aplikasi Zenius. Di ZenCore ini ada CoreInsight dan CorePractice.

Fitur ZenCore CorePractice

Melatih Fundamental Skills di CorePractice

Semakin nambah usia biasanya makin sering lupa, bener kan? Nah, kita semua bisa melatih cara berpikir dan melawan pikun dengan memanfaatkan latihan fundamental skill di CorePractice ZenCore yang terdiri dari beberapa kategori:

  • Matematika

Di sini kita akan diberikan 8 soal matematika dasar yang mengasah logika, terus ada durasi waktunya. Selain belajar hitung menghitung dan logika matematika, kita juga jadi harus fokus biar enggak salah pilih jawaban yang mengecoh. Semakin naik level yang berhasil diselesaikan, makin menguji kemampuan otak kita deh soal-soalnya itu.

  • Verbal Logic

Saya dari dulu suka bahasa Indonesia karena mengasah logika. Dan seneng banget nemu kategori verbal logic di ZenCore CorePractice. Di sini saya dihadapkan pada soal-soal yang mengasah logika karena harus menarik kesimpulan yang benar.

  • Bahasa Inggris

Dari pertama kali belajar bahasa Inggris di SMP sampai setahun lalu pernah ikut les, rasanya kok ya saya geregetan sendiri nyoba ngerjain bahasa Inggris di CorePractice. Tapi di sini saya jadi kebantu mereview kembali apa saja yang sudah pernah saya pelajari dulu di sekolah.

  • Sains

Ini kategori baru, soalnya saya udah main CorePractice dari tahun lalu sampai awal mei kemarin belum ada. Nah pas update aplikasi kemarin saya nemu kategori sains. Isi soalnya tentang sains semua dong. Jadi tips belajar ampuh buat mereview kembali soal sains kayak menyublim, mencair, dan kawan-kawannya di sini.

Semua materi CorePractice di ZenCore cocok buat semua usia. Enggak cuma siswa sekolah aja. Bisa buat persiapan AKM, UTBK, Ujian Mandiri, tes CPNS, dan psikotest nih materi-materinya. Seru banget. Jumlah soal untuk setiap soal juga sama. Terdiri atas 8 soal dengan total waktu 120 detik. Terus jangan khawatir kalau jawabanmu salah. Soalnya di akhir, kamu bisa tekan menu video pembahasan gitu.

Punya Insightful Knowledge Lewat CoreInsight

CoreInsight berfungsi untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan yang insightful, seperti filsafat, sejarah, antropologi, sains, dan lainnya supaya wawasan dan perspektifmu semakin luas.

2. Ekosistem Pembelajaran Online dan Offline

Jenis Ekosistem Pembelajaran Online Melalui Aplikasi Zenius

  • ZenBot adalah fitur berbasis artificial intelligence atau AI. Fungsinya membantu para siswa menyelesaikan permasalahan yang rumit untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Gambar berisi soal yang kita unggah sebagai pertanyaan akan langsung dipindai otomatis dan ZenBot akan menjawabnya melalui video pembelajaran. Fitur ini gratis, dan berfungsi maksimal. Mudah digunakan selama dalam foto soal yang diunggah hanya ada satu pertanyaan.

Fitur ZenBot bikin semua soal jadi mudah

  • Zenius Live Class bisa dimanfaatkan oleh setiap pelajar untuk memilih kelas yang mereka minati atau ingin ambil. Di Zenius Live Class ini, para pelajar bisa berdiskusi dengan tutor terkait mata pelajaran di sekolah secara umum hingga yang spesifik melalui cara mudah dan menyenangkan. Kalau tidak mengerti, kamu juga bisa menanyakan pertanyaan langsung. Fitur ini berbayar, tapi kamu bisa coba dulu versi trialnya. Cukup dengan melengkapi akun dengan nomor hape. Nanti bisa tekan coba trial selama 7 hari. Fitur Live Class juga bisa diakses full kalau kamu berlangganan bimbel di Zenius.
  • Content Library di Zenius Education berisi lebih dari 100 ribu konten ilmu, Matematika, sains, dan sosial. Banyak banget kan? Kalau dipikir-pikir ini pas kita gunain ZenBot jawaban pertanyaannya bakal cepet keluar dari content library ya

Sistem Pembelajaran Offline Melalui New Primagama Powered by Zenius

Sejak awal tahun 2022, Zenius mengakuisisi Primagama dengan menghadirkan New Primagama Powered by Zenius. Sistem pembelajaran online feat offlinenya pakai metode hybrid learning. Apa itu hybrid learning? Hybrid learning adalah model pendekatan 2 guru atau two teachers. Dengan begitu para siswa dapat mempelajari berbagai konsep belajar. Lalu tersedia tutor virtual dan siswa juga terbuka untuk berdiskusi secara langsung di kelas.

Review Jujur Belajar Seru Lewat Zenius

Kalau aja waktu bisa diputer ulang #eh. Ya gimana ya, dulu saya enggak bisa ikut bimbel karena akses dari rumah ke tempat bimbel tuh jauh banget. Belum lagi biayanya. Nah, buat saya, adanya aplikasi Zenius ini memudahkan seluruh siswa di mana pun berada buat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Iya, penjelasan soal lewat videonya itu jelas banget deh.

Ternyata saya enggak cuma jatuh cinta sama fitur ZenCore aja yang bisa digunakan oleh semua usia. Fitur ZenBot membantu banget untuk memecahkan soal-soal yang baru buat saya yang bukan anak SMA jurusan IPA. Yup, anak SMK, orang tua, dan siapa pun bisa memanfaatkan aplikasi Zenius untuk menemukan gaya belajar yang efektif dan mudah dimengerti.

Kayak saya nih yang kadang malu bertanya sama orang lain buat soal matematika dan sains secara langsung bisa memanfaatkan ZenBot. Caranya juga mudah banget dan akurat sih dari yang saya coba. Foto soalnya lalu dipindai pakai ZenBot. Selama fotonya tepat dan cuma ada 1 soal dalam gambar yang diunggah, AI di ZenBot langsung nemuin soalnya dan jawab pake video lho. Saya sampe bengong, secanggih dan secepat itu nyari jawabannya di database Zenius yang 100 ribu lebih.

Terus, halaman homenya akan beda untuk setiap user, disesuaikan sama mata pelajaran di tingkat tersebut. Kayak buat Gap Year itu ada buat belajar UTBK. Saya juga dikasih kesempatan buat coba trial fitur Zenius Live Class. Jadi bisa penjajakan dulu kan beneran gak saya cocok sama live classnya atau enggak.

Kesimpulan

Zenius Education menjadi penyedia bimbel online yang terus mendukung para siswa untuk menemukan gaya belajar cocok. Mau yang online atau offline, bahkan perpaduan keduanya aka hybrid learning.

Fitur Zenius Live Class juga sudah termasuk dalam biaya langganan per tahunnnya. Yang mana sekarang lagi terjangkau banget harganya buibu. Dalam rangka back to school ada yang harganya 199k per tahun lho.

Yuk cobain cara ganti belajar supaya bisa nemuin gaya belajar yang pas!

Anda mungkin juga suka...

5 Komentar

  1. Zenius ini memang cocok jadi teman belajar. Apalagi semuanya bisa hanya dengan lewat HP. Jadi nggak ada alasan deh nggak bisa belajar karena lupa bawa buku.

  2. Walaupun saat ini sudah mulai sekolah offline lagi, tapi tetap aplikasi belajar seperti zenius ini diperlukan bagi pelajar. Apalagi zenius ini sangat interaktif dan user friendly…
    Ah… Zenius memang jenius

  3. kalo anak2ku masih usia sekolah pasti mau belajar di Zenius Education

    karena Zenius Education menerapkan adaptive learning yang gak “kepikiran” oleh lembaga lain

    padahal penting banget. Setiap anak kan punya gaya belajar yang berbeda

  4. Zenius Education sangat membantu anak-anak dalam belajar dan tentunya mempermudah orangtua. Ingat dulu lagi anak-anakku masih kecil sambil ngantuk-ngantuk ngajarin mereka satu anak matematika satu anak lagi IPA. Sekarang semua dipermudah ya

  5. Insightful artikelnya, Kak..
    Anak sulungku kelas 12 nih, tahun depan mau SBMPTN. Bisa nih bimbel di Zenius Education yang mendukung para siswa untuk menemukan gaya belajar yang cocok.
    Menariknya enggak hanya online atau offline, ada juga perpaduan keduanya alias hybrid learning yaaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.