Ciri-ciri buah segar aman dikonsumsi dari yang jual buah
kesehatan

7 Ciri-ciri Buah Segar

Buah segar adalah buah yang kondisinya baik dan matang sempurna secara alami. Buah juga merupakan tanaman pangan yang diperkaya oleh vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh. Ada beragam jenis buah-buahan yang beredar di pasar Indonesia, baik buah lokal maupun impor. Supaya kamu mendapatkan khasiat dari vitamin dan mineral buah-buahan, kamu perlu tahu ciri-ciri buah segar.

Ciri-ciri Buah Segar yang Perlu Diketahui Supaya Mendukung Gaya Hidup Sehat

Yang jual buah tentunya ada banyak. Di pasar, warung, kios buah pinggir jalan, minimarket, hingga supermarket. Meski begitu kamu harus berhati-hati saat membeli buah. Pastikan buahnya benar-benar segar, matang, dan manis. Iya, buah yang tidak ada rasanya, kecut, dan pahit tentu tidak enak untuk dikonsumsi. Berikut 7 ciri buah segar!

1. Buah-buahan Segar Memiliki Warna Cerah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memastikan buah masih segar adalah memilih buah dengan melihat warnanya. Kenapa warna buah penting? Warna buah dapat menentukan tingkat kematangannya. Buah berwarna cerah dan mulus biasanya berkualitas baik.

Supaya tidak zonk, ada baiknya kamu menghindari memilih buah dengan warna terlalu pucat atau terlalu tua. Sebab, buah dengan warna terlalu pucat bisa menandakan kalau buah tersebut belum cukup matang bahkan bisa saja masih mentah. Sementara buah yang berwarnaterlalu tua itu tandanya buah sudah mulai membusuk.

2. Kulit Buah Bagus dan Tidak Rusak

Untuk mengecek kematangan buah yang kamu beli. Kamu juga bisa cek dari kulitnya. Buah yang masih segar biasanya memiliki kulit bagus tanpa cacat. Berbeda dengan buah yang sudah terlalu lama atau mulai tidak segar. Kulit buah akan terlihat mulai keriput, lembek, bahkan rusak.

3. Memperhatikan Tekstur Buah

Selain memperhatikan warna dan kulitnya, ciri-ciri buah segar lainnya bisa kamu ketahui dari teksturnya. Cobalah menekan bagian badan buah. Buah yang sudah matang cenderung memiliki tekstur empuk namun tidak lembek. Meski begitu, kamu perlu menghindari buah yang tekstur dagingnya masih keras. Mengapa? Biasanya buah yang masih keras belum bisa langsung dimakan atau masih mentah.

4. Mencium Aroma Buah

Tips memilih buah-buahan segar dan matang yang bisa kamu terapkan adalah dengan mencium aroma dari buahnya. Buah matang kualitasnya baik tentu memiliki aroma segar bahkan cenderung manis. Ini akan berbanding terbalik dengan buah yang belum matang. Buah yang masih mentah cenderung memiliki aroma sepat, bahkan tidak ada aroma sama. Kamu juga perlu menghindari aroma buah yang masam dan menyengat. Itu bisa menjadi pertanda kalau buah sudah busuk.

5. Khusus untuk Buah Naga, Periksalah Kelopak yang Menutupi Kulit Buah Naga

Buah naga biasanya lebih cepat layu dan busuk. Kamu bisa memastikan kesegarannya dengan memperhatikan kelopak yang menutupi kulit buah naga. Buah naga segar akan berwarna cerah dan tidak memiliki warna kecoklatan.

6. Perhatikan Biji Alpukat Sebelum Membelinya

Memilih alpukat yang bagus untuk dikonsumsi terkadang menyulitkan. Ini membuat sebagian orang jadi terjebak membeli alpukat yang belum matang atau masih harus diperam selama beberapa waktu. Itu pun kalau kamu bernasib baik, alpukat akan matang sempurna. Akan tetapi kalau alpukat memang terlalu muda saat dipetik dan dipetik dengan dijatuhkan begitu saja, kemungkinannya sulit membayangkan akan matang sempurna.

Jadi bagaimana untuk memastikan alpukat segar dan matang? Kamu bisa memperhatikan letak biji alpukat dengan cara mengoyangkannya. Biji buah alpukat yang sudah matang akan lebih mudah terlepas dari dagingnya. Jadi, cobalah menggoyangkan alpukat dan dengarkan pantulan bijinya. Selain itu, alpukat yang sudah matang bobotnya lebih ringan dibanding alpukat yang masih mentah.

7. Melihat Bagian Bawah Alpukat untuk Memastikan Tingkat Kematangannya

Terakhir, kamu bisa memastikan alpukat yang kamu beli sudah matang dan masih dalam keadaan baik adalah dengan memeriksa bagian bawah, tempat batang alpukat bertumbuh. Jika lubang tempat tumbuh berwarna hijau, artinya alpukat sudah matang. Sedangkan, jika berwarna kecokelatan artinya alpukat masih mentah.

SESA.ID, Platform Jual Buah yang Lengkap

SESA.ID adalah platform yang memahami kebutuhan generasi milenial dalam memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari. Sebab di SESA ada makanan, minuman, kue, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Sebagai platform yang jual buah, tentunya stok buah di SESA.ID merupakan buah segar yang siap dikonsumsi.

web SESA jual buah segar beraneka ragam

Tak hanya buah, SESA juga menjual sayuran dan menyediakan jasa catering sehat bernutrisi yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Catering sehat di SESA juga terkontrol di bawah Nutrisionist berpengalaman. Selain itu, SESA juga mempunyai fasilitas Konsultasi Dokter mengenai kesehatan secara natural dan menyeluruh.

Untuk memudahkan transaksi pembelian buah segar di SESA.ID, kamu bisa mengunduh aplikasinya di play store untuk Android, dan app store untuk pengguna iPhone.

referensi artikel:

  1. https://www.rukita.co/stories/tips-memilih-buah-matang/
  2. https://food.detik.com/berita-boga/d-6224641/6-tips-memilih-buah-segar-layak-konsumsi-yang-kaya-akan-zat-gizi
  3. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/bife-timor/cara-memilih-buah-yang-baik-dan-segar-exp-c1c2
  4. https://sesa.id/about-us

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.