Cara Belanja Online Smart Agar tidak Mudah Tertipu di Instagram

cara belanja online smart di instagram

Sekarang belanja online tidak hanya marak dilakukan di marketplace, tetapi juga platform media sosial seperti Instagram. Salah satu alasan yang menyebabkan media sosial besutan Kevin Systrom ini populer untuk berjualan adalah kemudahan berpromosi dan bertransaksi.

Penjual atau pemilik bisnis bisa dengan mudah memposting foto dan video produk beserta deskripsinya. Tanpa biaya langsung dapat mempromosikannya melalui akun Instagram yang luas menjangkau calon pembeli. Bagi pembeli juga dimudahkan memilih produk dari postingan foto dan video yang menarik.

Jika tertarik membeli bisa langsung transfer uang untuk pembayaran ke rekening penjual yang tercantum pada akun Instagram. 

7 Tips Belanja Online Smart dan Aman di Instagram

tips belanja online aman melalui instagram

Biaya transfer yang dikenakan juga gratis tanpa tambahan ongkos layanan seperti yang diterapkan pada marketplace. Namun belanja online melalui Instagram juga memiliki risiko, seperti penipuan barang tidak dikirim, barang tidak sesuai dengan pesanan dan lain sebagainya. 

Nah, berikut ini beberapa tips belanja online di Instagram yang aman agar kamu terhindar dari penipuan akun bodong :  

1. Cek Testimoni Pembeli

Sebelum berbelanja pastikan kamu membaca ulasan atau testimoni dari para pembeli untuk mengetahui kredibilitas akun dan kualitas produknya. Pilihlah produk dari akun yang banyak memiliki komentar positif. Namun kamu juga harus mengecek apakah komentar-komentar positif dari follower itu palsu atau nyata. 

Kamu bisa perhatikan dari kata-katanya, apakah redaksinya rata-rata sama? Jika iya, bisa jadi akun tersebut menggunakan jasa komentar yang sudah dibuatkan “skrip” untuk memberikan komentar positif.

Baca juga: Tips Hadapi Compulsive Spending

2. Periksa Fitur “Tentang Akun Ini”

Ketika kamu tertarik dengan sebuah produk, periksalah informasi akun bisnis Instagram yang menjualnya melalui fitur “Tentang Akun Ini”. Kamu dapat mengakses fitur ini dengan membuka profil Instagram akun toko tersebut, lalu klik tanda titik tiga di sebelah atas bagian kanan.

Pilih opsi tentang akun ini. Nah, kamu bisa melihat tanggal berapa akun ini bergabung di Instagram, lokasi akun dan username yang digunakan sebelumnya. Waspadai jika akun Instagram sering berganti username, karena bisa jadi digunakan untuk menipu.

Kamu juga harus memperhatikan profil akun toko online yang memuat kelengkapan informasi. Ketahui alamat lengkap, nomor Whats Up (WA) atau telepon yang dapat dihubungi dan juga linktree yang disertakan.

Akun Instagram bisnis yang memiliki alamat website, akun marketplace dan lokasi toko online yang terhubung di linktree tentunya akan menambah kepercayaan konsumen dan menambah kredibilitas penjualnya.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan

3. Perhatikan Followers-nya

Followers atau pengikut yang banyak tidak jaminan akun instagram tempat belanja online itu bonafid. Bukan rahasia lagi sekarang ini banyak akun yang membeli followers untuk meningkatkan atau reputasi atau penjualannya. Akun-akun hasil “membeli” umumnya bisa ditandai dengan username yang menggunakan angka-angka dibelakangnya.

4. Lihat Kolom Komentar dan Likes Pada Postingan

Banyaknya komentar dan likes dari followers bisa jadi indikator apakah akun instagram yang kamu ikuti real atau fake. Hindari akun bodong yang memiliki banyak followers tetapi mendapatkan komentar dan likes yang sedikit.

5. Cek Gambar dan Baca Deskripsi Produk dengan Teliti

Sebelum memutuskan untuk transfer uang ke rekening toko online di Instagram, pastikan kamu mengecek lagi foto dan membaca spesifikasi produk yang ingin kamu beli. Gambar atau deskripsi produk bisa menipu atau tidak sesuai dengan ekspektasi.

Untuk menghindari salah kirim pesanan atau order, baik sengaja maupun tidak, kamu bisa melakukan capture atau screenshot chat pemesanan melalui whatsapp, sms, atau line dan menyimpannya sebagai bukti. Jangan lupa kirimkan bukti transfer ke penjual setelah berhasil melakukan pembayaran dan simpanlah untuk bukti jika suatu saat diperlukan.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Aman

Jika kamu baru pertama beli dan kamu ragu melakukan transfer ke rekening penjual, pilihlah akun toko online Instagram yang memiliki akun marketplace. Transaksi di marketplace memungkinkan penjual dan pembeli memiliki rekber (rekening bersama). Sistem rekber ini lebih aman, karena penjual baru bisa menerima uang pembayaran setelah pembeli menerima barang yang dipesan.

Baca juga: Tips Menyiapkan Dana Mudik

7. Cek Nomor Resi yang Dikirim

Ketika kamu sudah melakukan pembayaran dan pihak penjual telah mengirimkan produk pesananmu, pastikan untuk meminta nomor resi. Kamu dapat melakukan pelacakan atau tracking “perjalanan” produk yang kamu pesan melalui nomor resi dari ekspedisi yang terintegrasi dengan website.

Jika barang dikirim melalui ojek online, mintalah nomor telepon kurir ojek online-nya atau link untuk melakukan tracking.

Kesimpulan

Kamu tidak perlu khawatir lagi akan tertipu belanja di Instagram setelah mengetahui tips-tips belanja smart dan aman. Kamu bahkan bisa mendapatkan keuntungan dengan melakukan pembayaran melalui transfer menggunakan digibank by DBS saat belanja online di Instagram. 

Transfer melalui digibank BI-Fast gratis tanpa kuota, meskipun rekening kamu berbeda bank dengan rekening toko online di Instagram. Jadi lumayan menghemat transaksimu lho. Kamu berhak menikmati fasilitas gratis transfer ini tanpa syarat minimum saldo tertentu dan transaksi antar bank berlangsung secara real time.

Kamu dapat melakukan transfer uang untuk membayar pesanan produk idamanmu kapan saja dan dimanapun melalui aplikasi selama 24/jam. Dengan limit Rp250 juta per transaksi setiap hari. Kamu bisa leluasa membeli produk dalam jumlah banyak, namun tetap harus memperhatikan anggaran dan manajemen keuanganmu ya! 

Yuk segera nikmati berbagai keuntungan perbankan melalui aplikasi digibank by DBS. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang keunggulan sekaligus produk lain dari digibank by DBS  di sini.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *