bisnis

Kelebihan Nasi Bumbu Kebuli Siap Pakai

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang memiliki citarasa gurih. Jenis nasi yang satu ini tentunya bisa ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Kemudian disajikan dengan irisan daging kambing goreng dan kadang  kala ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Hidangan ini populer di kalangan warga atau suku Betawi di Jakarta dan juga warga keturunan Arab yang tinggal di Indonesia. Jika diamati, nasi kebuli menunjukkan pengaruh budaya Arab Timur Tengah. Lebih tepatnya tradisi Arab Yaman. Selain itu, nasi yang satu ini pun mirip dengan nasi Biryani.

Kapan Nasi Kebuli Disajikan?

Di dalam kebudayaan orang Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan yang berhubungan dengan keagamaan Islam. Misalnya saja seperti lebaran atau hari raya idul fitri, kurban atau idul adha, hingga maulid nabi Muhammad SAW. Eh ya, nasi kebuli pun populer di kawasan kota lain yang banyak terdapat warga keturunan Arabnya.

Cara Membuat Nasi Kebuli

Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing. Untuk kamu yang tidak menyukai susu kambing, bisa lho diganti dengan air santan.

Step berikutnya adalah irisan daging kambing yang ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan menambahkan sedikit minyak samin untuk memberikan aroma yang khas.

Untuk bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini terdiri atas bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan tentunya minyak samin.

Setelah itu, daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang hingga benar-benar matang. Eh ya, untuk daging kambingnya ini bisa ditambahkan sesuai selera. Apakah mau diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau justru digoreng dan disajikan terpisah.

Di Indonesia, nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas juga, dan terkadang ditambahkan sambal goreng hati.

Nah, saat ini, jika kamu kesulitan untuk membuat bumbu halus nasi kebuli  maka kamu tidak perlu repot lagi untuk menyediakan bumbu nasi kebuli sendiri.

Hah, kok bisa? Tentu saja bisa, ladies. Karena sekarang sudah ada bumbu kebuli instan. Lebih praktis, bukan? Salah satu bumbu kebuli yang wajib kamu coba adalah bumbu nasi kebuli aromatic.

Kelebihan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic

Kenapa harus bumbu nasi kebuli aromatic? Karena bumbu kebuli aromatic punya kelebihan-kelebihan berikut ini:

  • Terjamin kehalalannya.
  • Non MSG.
  • Tanpa perasa buatan.
  • Tanpa pewarna, jadi warnanya asli dari rempah-rempah yang digunakan.
  • Tanpa bahan pengawet, jarang banget kan bumbu instan tanpa bahan pengawet.
  • Tanpa Campuran / No Filler.
  • Asli dibuat di Indonesia.
  • Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food mengandung: Kayumanis, Biji Kelabat, Bunga Lawang, Biji Ketumbar, Cumin, Biji Pala, Lada Hitam, Cengkeh, Lengkuas, Jahe Putih, Serai, Kapulaga Putih, Daun Salam, Kapulaga Hijau, Daun Jeruk Purut, Caraway, Kunyit Kuning, Beras Putih.
  • Anti Kempal Alami dari Beras dengan berat maksimal hanya 1,9%.
  • Masa kadaluwarsa atau expired date dari produknya kurang lebih 15 bulan hingga 24 bulan tergantung dari kualitas rempah seperti musim, jenis dan metode pemrosesan awal. Kadaluwarsa akan tercantum berbeda setiap batch.
  • Merupakan produk rumah tangga dan sudah memiliki nomor izin edar P – IRT No. 7.11.3173.03.0049-24
  • Cairo Food sudah banyak dipercaya oleh hotel dan resto.

bumbu kebuli dari cairo food

Resep Nasi Kebuli Aromatic dari Cairo Food

Bahan-bahan:

  • Sediakan 1 kg Daging Kambing. Boleh bertulang maupun tanpa tulang.
  • Pisahkan 1 Liter Beras Basmati atau Beras Pera IR 42
  • Sediakan 250 gram bawang bombay, lalu dipotong dadu kecil
  • Siapkan 6 siung bawang putih yang sudah dipotong kecil
  • Siapkan juga 4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
  • Siapkan 3 sdm Minyak Samin/Mentega
  • Air secukupnya
  • Garam sesuai selera

Langkah Pembuatan

  1. Tumislah bawang bombay di dalam panci dengan menggunakan minyak Samin/mentega hingga layu. Baru setelahnya masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi sedikit kecokelatan.
  2. Setelah itu, masukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aromanya tercium kuat.
  3. Masukkan Air secukupnya sekitar 1.2 Liter. Ingat ini tergantung jenis beras yang kamu gunakan ya ladies. Jika memilih menggunakan Beras Pera IR 42, maka gunakan Air sebanyak 1.2 Liter. Lain halnya jika kamu menggunakan Beras Basmati, maka bisa menambahkan 1.4 Liter air. Semua tergantung selera kamu, tambahkan lebih banyak air jika ingin lebih basah.
  4. Step berikutnya adalah memasukkan daging kambing lalu rebus hingga empuk. Jangan lupa untuk selalu menjaga agar volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging. Daging kambing membutuhkan waktu berkisan dari 45 menit hingga 2 jam tergantung umur dan jenis kambing. Selalu cek dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau belum.
  5. Jika daging sudah empuk, silahkan cuci Beras beberapa kali hingga bersih lalu masukkan kedalam panci. Khusus untuk beras basmati, kamu harus merendam beras terlebih dahulu dalam air selama 5-10 Menit, lalu tiriskan dan masukkan kedalam panci. Jika anda menggunakan Beras Pera IR 42, maka kamu bisa langsung memasukkan kedalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.
  6. Masak Nasi Kebuli hingga matang.
  7. Sajikan dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng.

Tips

  1. Karakter beras dan skala air selalu berbeda, perhatikan hal ini agar anda bisa mengatur volume air dalam nasi agar tidak pulen.
  2. Kamu bisa menggunakan cara dan resep sendiri.
  3. Setiap Merek Garam memiliki kadar Asin yang berbeda.
  4. Rendam beras basmati sebelum dimasak.
  5. Selain itu, kamu bisa menambahkan santan atau susu ke dalam air.

Di mana Bisa Membeli Bumbu Kebuli Aromatic?

Untuk membeli bumbu nasi kebuli ini, kamu bisa memperolehnya dengan mudah tanpa harus ke luar rumah. Jadi tak masalah meskipun pemerintah menerapkan PPKM, kamu tetap bisa membuat nasi kebuli yang ditambahkan bumbu kebuli aromatic.

Ya, kamu bisa membelinya secara online melalui berbagai e-commerce dan situs belanja lain seperti di Tokopedia. Kemudian Lulu hypermart, Sayurbox, pemesanan langsung melalui Whatsapp, Website, maupun reseller.

Bumbu nasi kebuli aromatic pun tersedia dalam kemasan 100 gram dan 1 kg dengan harga yang ramah kantong. Cus ladies kalau mau mencoba buat sendiri nasi kebuli di rumah.

 

 

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.