Investasi reksadana pasar uang
bisnis

Kenali 3 Tipe Investor Berikut Sebelum Investasi Reksadana Pasar Uang

Sebelum memutuskan melakukan investasi di reksadana pasar uang, sebaiknya pahami profil risiko Anda terlebih dahulu untuk menentukan diri Anda masuk dalam tipe investor yang seperti apa. Secara umum terdapat 3 tipe investor dalam dunia investasi. 

Dengan mengetahui berbagai tipe investor, Anda dapat menentukan jenis reksadana apa yang sesuai dengan profil risiko yang dimiliki. Tipe investor yang sesuai untuk menginvestasikan dananya di reksadana pasar uang adalah tipe investor yang konservatif. Mengapa demikian? Sebab, reksadana yang mengalokasikan dana kelolaannya di pasar uang yang cenderung lebih rendah risiko.

3 Tipe Investor Berdasarkan Profil Risikonya

Profil risiko adalah sebuah tingkatan terkait seberapa besar seorang investor menoleransi risiko pada suatu investasi. Orang-orang yang belum siap atau enggan mengambil risiko yang besar, cenderung menginvestasikan dananya di deposito bank atau pasar uang. Sekarang untuk melakukan investasi di instrumen pasar uang bisa dilakukan dengan mudah melalui reksadana pasar uang.

Apa itu pasar uang? Dalam dunia investasi, pasar uang merupakan kegiatan perdagangan efek (surat berharga) yang mana investor akan meminjamkan dananya ke sebuah instansi dengan imbal hasil tertentu. Berikut penjelasan mengenai 3 tipe investor berdasarkan profil risiko yang dimilikinya.

Inestasi reksadana pasar uang jadi pilihan investor

Tipe Investor Agresif

Investor yang masuk dalam tipe investor agresif pada umumnya berani mengambil risiko investasi yang tinggi, contohnya menginvestasikan dananya di instrumen saham murni atau di reksadana saham. Jadi, orang yang termasuk dalam tipe investor agresif kurang tepat jika mengalokasikan dananya di reksadana pasar uang. Pasalnya orang yang berani mengambil risiko investasi yang tinggi umumnya mengincar keuntungan yang besar.

Tetapi, ada sebagian orang dari tipe investor agresif ini menginvestasikan sebagian kecil dananya di instrumen lain yang memiliki risiko lebih rendah. Misalnya seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, deposito, emas, dan lainnya. Ini termasuk dalam jenis strategi investasi yang mana bila mengalami kerugian besar, mereka masih memiliki dana cadangan di instrumen lain.

Tipe Investor Moderat

Tipe investor moderat pada umumnya memiliki profil risiko yang berada di tengah-tengah antara tipe investor agresif dan konservatif. Tipe investor moderat biasanya menginginkan imbal hasil investasi yang relatif tinggi, tetapi di sisi lain juga berupaya meminimalisir risiko yang akan ditanggung. Tipe ini biasanya tidak hanya menginvestasikan dananya ke instrumen saham murni atau reksadana saham.

Namun, juga akan berinvestasi di reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, atau obligasi untuk mendapatkan imbal hasil yang stabil. Jadi, karakteristik tipe investor moderat cenderung lebih berhati-hati dan penuh pertimbangan. Reksadana pasar uang juga bisa menjadi salah satu alternatif di samping mereka menginvestasikan dananya di instrumen yang berisiko tinggi.

Tipe Investor Konservatif

Orang-orang yang termasuk dalam tipe investor konservatif biasanya memilih jenis instrumen yang berisiko rendah. Karakteristik khasnya yaitu ingin mendapatkan imbal hasil dengan nilai yang setidaknya di atas inflasi tahunan. Namun, tipe ini juga tidak ingin tingkat inflasi dan risiko investasi yang terlalu tinggi. Umumnya, mereka lebih suka bermain aman dan sangat meminimalisir terjadinya kerugian.

Biasanya instrumen yang dipilih merupakan jenis investasi yang memiliki risiko yang rendah, seperti deposito, obligasi, reksadana berbasis pasar uang, dan pasar uang murni. Mungkin bagi orang yang awam belum mengetahui apa itu pasar uang? Seperti yang telah disinggung di awal, pasar uang merupakan instrumen investasi yang bergerak dalam kegiatan perdagangan surat berharga atau efek. 

Mengenai apa itu pasar uang? Bisa dibilang sebagai salah satu jenis instrumen yang rendah risiko, tetapi memberikan imbal hasil yang relatif lebih tinggi dibandingkan suku bunga deposito bank. Reksadana berbasis pasar uang akan mengalokasikan sebagian besar dana kelolaannya di pasar uang.

Investasi Reksadana di DBS Treasures Menjadi Pilihan yang Tepat

Perbankan prioritas DBS Treasures merupakan mitra yang tepat untuk investasi yang aman dan terpercaya. Untuk mulai bergabung menjadi nasabah prioritas di DBS Treasures Anda perlu melakukan investasi minimal sebesar Rp500 juta. Berikut beberapa alasan mengapa DBS Treasures menjadi pilihan mitra yang tepat untuk mengelola dana investasi Anda.

Dana Anda akan Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Manajer investasi merupakan kunci utama yang mendukung keberhasilan sebuah produk reksadana dalam mendatangkan keuntungan yang terus bertumbuh. Semua produk investasi di DBS Treasures dikelola oleh mitra manajer investasi profesional, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi saat melakukan investasi pada produk reksadana pasar uang di DBS Treasures.

Dapatkan Berbagai Wawasan untuk Memandu Anda dalam Berinvestasi

Melalui tim ahli finansial yang andal dan proaktif, Anda akan mendapatkan wawasan dan informasi mengenai analisa pasar dan peluang terkini sesuai profil risiko Anda, untuk membantu Anda yakin melakukan investasi dengan optimal.

Mengurangi Risiko Melalui Diversifikasi

Tidak perlu khawatir dengan risiko investasi karena DBS Treasures melakukan diversifikasi untuk mengurangi risiko investasi, yakni melalui penyebaran dana ke berbagai aset investasi.

Investasi dengan Mudah dan Aman di melalui Aplikasi digibank by DBS

Anda dapat melakukan berbagai investasi Reksadana dengan praktis di Aplikasi digibank by DBS, proses analisis reksadana menjadi lebih mudah karena didukung data dari Infovesta. Mulai dari proses jual, beli, switch bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

Anda juga dapat melakukan pendaftaran SID (Single Investor Identity) yang diterbitkan Kustodian Sentral Efek Indonesia bagi investor baru tanpa harus berganti platform. Jadi, semua proses dapat dilakukan di satu aplikasi.

DBS Treasures menjadi pilihan mitra yang tepat dalam menunjang kebutuhan finansial Anda, melalui investasi reksadana pasar uang dengan terpercaya. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda menjadi nasabah prioritas di DBS Treasures untuk mendapatkan segala kemudahan dalam berinvestasi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.